Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini – 8 Januari 2017

Situs Diblokir | Illustration

Berita teknologi minggu ini seputar rencana pemerintah membentuk badan Siber Nasional yang kembali mengemuka. Badan ini akan berada di atas semua badan siber lain yang sudah ada sebelumnya, baik yang ada di TNI, Polri, dan badan intelijen.

Pemerintah juga kembali memblokir sejumlah situs yang diduga menyebar berita palsu. Pemilik situs yang diblokir lantas dikumpulkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendapat penjelasan.

Pengemudi transportasi online, Grab Bike, kembali melancarkan demonstrasi. Salah satu tuntutannya agar pihak Grab mempekerjakan kembali ratusan pengemudi yang dikeluarkan lantaran melanggar peraturan. Namun, Grab menolak tuntutan tersebut. Berikut berita selengkapnya.

Pemerintah bentuk Badan Siber Nasional

cyber security feature image

Pemerintah akan membentuk Badan Siber Nasional (Basinas) yang ditargetkan terbentuk Januari 2017. Badan ini nantinya akan memayungi Badan Siber yang sudah lebih dulu ada. Badan siber yang sudah ada ini di antaranya keamanan siber di polisi, BIN, Kemhan, dan TNI.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebutkan bahwa pembentukan Basinas telah disetujui Presiden Joko Widodo. Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan dijadikan embrio pembentukan Basinas.

Sebanyak lima puluh orang ahli IT telah disiapkan untuk Badan Siber Nasional oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan). Mereka dilatih untuk menangkal ancaman siber dari dalam dan luar negeri. Maraknya kegiatan melalui internet menjadi pertimbangan dibentuknya badan ini. Dikhawatirkan, jika hal tersebut tidak dilindungi akan mengganggu stabilitas perekonomian.


Pengemudi Grab Bike kembali demo

Grab demo 4 jan 2017 | foto
Pengemudi Grab Bike kembali melancarkan demonstrasi. Tuntutannya adalah menaikkan kembali tarif perjalanan menjadi Rp2.500 per kilometer. Saat ini tarif perjalanan mereka Rp1.500 per kilometer. Tarif ini dinilai terlalu rendah sehingga berimbas pada pendapatan para pengemudi.

Mereka juga menuntut agar Grab mempekerjakan kembali 197 mitra pengemudi yang menggunakan fake GPS dan fake booking. Menanggapi demonstrasi ini, pihak Grab menolak untuk mengaktifkan kembali mitra pengemudi yang melakukan kecurangan. Terkait tarif, Grab mengemukakan akan melakukan tinjauan ulang.


Pemerintah blokir sebelas situs berita online

Situs Diblokir | IllustrationKementerian Komunikasi dan Informatika melakukan rapat secara tertutup dengan perwakilan sejumlah media online yang diblokir pemerintah beberapa waktu lalu melalui Trust-Positif. Pemblokiran dilakukan lantaran sebelas situs ini bertentangan dengan regulasi yang berlaku, kata Menkominfo Rudiantara seperti dikutip dari Kompas.

Rapat dilakukan untuk menjelaskan alasan pemerintah melakukan pemblokiran. Rapat dihadiri Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Pelaksana tugas (Plt) Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, dan melibatkan Dewan Pers.

(Diedit oleh Septa Mellina)

ID TECHINASIA

Leave a Reply